Bunga bangkai mekar di lahan pertanian warga

Rejang Lebong (ANTARA News) – Tanaman bunga bangkai raksasa (Amorphophallus Titanium) mekar di lahan pertanian milik warga Desa Rimbo Recap, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, sejak sepekan belakangan.

Bunga bangkai atau disebut juga bunga kibut ini mekar di Dusun III Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan. Tanaman tersebut mekar di atas lahan pertanian milik Suparman Dahlan (63) yang kesehariannya menanam padi dan juga beberapa jenis sayuran.

“Bunga ini sudah ada sejak tahun 1980-an, dan setiap tahun tumbuh dan mekar, tepatnya setiap bulan Agustus. Tanaman itu tumbuh sendiri, dan saat mekar sering didatangi orang untuk melihatnya,” kata Suparman saat di Desa Rimbo Recap, Rabu.

Tanaman setinggi 2,5 meter itu mulai mekar pada pekan pertama bulan Agustus, dan diperkirakan masih akan bertahan beberapa hari kedepan sebelum layu.

Menurut dia, bunga yang menjadi ikon Kabupaten Rejang Lebong itu selalu mekar di lokasi yang sama dalam periode Juli-Agustus setiap tahunnya.

“Kalau dengar dari cerita rakyat, pada zaman penjajahan dahulu bunga kibut ini tumbuh di pemakaman atau kuburan sehingga dipercaya bau busuk dari bunga ini berasal dari dalam makam,” ujarnya.

Sementara itu Yogi (20) cucu dari Suparman mengatakan, sejak bunga kibut ini mekar banyak orang yang datang ke kebun milik kakeknya itu.

“Banyak yang datang kesini, apalagi ada yang meng-upload-nya di facebook. Mereka datang ke sini tidak dipungut biaya,” kata Yogi.

Baca juga: Bunga raksasa mekar di Bengkulu Selatan

Baca juga: Amorphophallus titanum siap mekar di bengkulu

Baca juga: Bunga bangkai bertunas tiga tumbuh di sekolah

Pewarta:
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

DAFTAR SBOBET Id/ akun/ account anda di Master Agen Sbobet Resmi IDHOKI Indonesia Online Terbaik Terpercaya Terbesar dan Mainkan Live Sport Bola Casino Online Seperti Roullete Sicbo, CS LiveChat Kami Akan Membantu Cara Daftar Sbobet Dengan Tahapan Yang Sangat Mudah, Cepat & Aman.