Rentan Kambuh, Jamaah Haji Berpenyakit Jantung Jangan Kelelahan

JawaPos.com – Penyakit jantung bisa kambuh tiba-tiba. Karena itu para jamaah haji yang sedang beribadah agar selalu waspada dan disiplin minum obat. Seseorang dengan riwayat penyakit jantung, punya derajat kekambuhan penyakit. Sebab penyakit kardiovaskular tak ada yang bisa menduga.

Apalagi di saat menunaikan ibadah haji, kondisi seseorang rentan kelelahan. Jamaah yang banyak, aktivitas yang padat, dan cuaca yang tak mendukung membuat jamaah haji dengan riwayat penyakit jantung sangat rentan lelah bahkan kambuh.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusuf Singka mengingatkan kepada seluruh jamaah baik dari gelombang 1 dan 2 agar selalu disiplin membawa dan minum obat-obatan. Terutama bagi jamaah berisiko tinggi.

“Yang harus hati-hati adalah jamaah haji dengan penyakit jantung. Agar benar-benar membawa obat di tas kecilnya kemana pun berada dan meminumnya secara teratur,” jeas Eka dalam keterangan tertulis, Jumat (10/8).

Kepada jemaah dengan sakit jantung, Eka berpesan agar bisa membatasi aktivitasnya. Jangan kelelahan agar tetap fit hingga puncak wukuf. “Jangan terlalu lelah,” pesan Eka.

Sampai dengan tanggal 8 Agustus 2018 ada 5 jamaah haji yang masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Pasien lainnya telah dievakuasi ke KKHI Makkah. Tim medis dari KKHI Madinah akan bergerak ke KKHI Makkah tapi tetap menyiagakan tim untuk memantau 14 pasien yang masih ada di RSAS di Madinah.

Eka menyebutkan, 383 kloter (156.856 orang) jemaah telah tiba di Arab Saudi. Adapun 67,24 persen diantaranya adalah jemaah dengan risiko tinggi (Risti) kesehatan yaitu karena umur di atas 60 tahun atau ada penyakit sebelumnya di Indonesia.

Kepada jemaah haji gelombang 2 yang baru tiba di Makkah, Eka menegaskan agar jemaah tidak menghabiskan tenaga untuk aktivitas yang tidak penting. Simpan energi untuk wukuf nanti.

“Siapkan stamina. Batasi aktivitas untuk kegiatan yang tidak penting,” kata Eka.

(ika/JPC)

Situs Sbobet Judi Bola Online Indonesia Terpercaya Terbaik Terbesar Dengan Layanan Perbankan 24 Jam.