Kampanye Kanker Payudara, Serena Williams Berani Lakukan Ini

Suara.com – Petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams, memiliki cara nyentrik untuk mengampanyekan peduli kanker payudara, yakni melakukannya sambil telanjang dada alias topless.

Sambil menyanyikan lagu berjudul ‘I Touch Myself’, Serena Williams nampak bertelanjang dada tanpa sehelai benang sedikit pun sambil tetap menutup kedua payudara dengan lengannya.

Dikutip dari Marie Claire, Serena Williams mengaku ingin keluar dari zona nyaman sembari terus melakukan kampanye peduli kanker payudara.

“Ya, saya melakukan ini agar saya keluar dari zona nyaman, tetapi saya ingin melakukannya karena kanker payudara adalah masalah yang mempengaruhi semua perempuan dari semua jenis warna kulit di seluruh dunia. Deteksi dini adalah kunci dari masalah ini dan itu juga bisa menyelamatkan begitu banyak nyawa. Saya berharap semoga ini membantu mengingatkan perempuan akan hal itu,” kata Serena dalam laman instagramnya.

Meski dianggap terlalu berani, namun Serena Williams tetap ingin berkampanye dengan cara seperti itu. Menurutnya, kampanye kanker payudara harus menitikberatkan pada pentingnya skrining dini.

Kampanye ini pertama kali diluncurkan pada 2014 oleh produsen bra, Berlei. Proyek ini juga terinspirasi oleh tragedi meninggalnya frontman Divinyls, Chrissy Amphlett, saat berusia 53 tahun karena kanker payudara.

Di Indonesia, kampanye serupa dengan teknik SADARI (periksa payudara sendiri) juga kerap dikampanyekan oleh Kementerian Kesehatan.