Studi Temukan Manfaat Ilmiah Pelukan untuk Terapi

Suara.com – Pelukan selama ini dianggap sebagai salah satu cara untuk menyampaikan kepedulian, baik kepada pasangan maupun sahabat terdekat. Namun tahukah kamu kalau studi terbaru menyebut memberi pelukan bisa menjadi salah satu bentuk terapi pada mereka yang mengalami stres?

Ya, seperti dikatakan peneliti dari Carnegie Mellon University, Pennsylvania, pelukan bisa membantu mengurangi perasaan negatif setelah menghadapi konflik. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLos One ini mengambil contoh bagaimana pelukan bisa mengurangi intensitas nyeri sebesar 34 persen.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis lebih dari 400 orang yang diikuti kegiatannya selama lebih dari dua minggu. Pada awal penelitian, setiap menjalani pemeriksaan fisik dan menjawab pertanyaan mengenai kesehatan mereka dan jaringan pertemanan mereka.

Kemudian, selama dua minggu ke depan, setiap responden diminta memberikan ringkasan harian tentang aktivitas mereka, suasana hati mereka, interaksi mereka, pengalaman atau konflik buruk apa pun, dan berapa kali mereka menerima pelukan.

Studi menunjukkan seseorang akan mengalami lebih banyak perasaan positif pada hari-hari ketika mereka menerima pelukan, bahkan jika mereka mengalami pertengkaran atau terlibat masalah pada hari itu.

“Perilaku yang sangat sederhana seperti pelukan mungkin menjadi cara yang efektif untuk mendukung lelaki dan perempuan yang mengalami konflik dalam hubungan mereka,” kata rekan penulis Michael Murphy, seorang peneliti di Departemen Psikologi di Carnegie Mellon University, dikutip dari Medical Daily.

Murphy mengatakan bukan tidak mungkin pelukan menjadi salah satu bentuk terapi psikis untuk mereka yang mengalami konflik. Meski demikian, Ia dan tim baru mengaitkan manfaat pelukan pada orang-orang terdekat.

“Pelukan, setidaknya di antara orang-orang dekat, mungkin cara yang sederhana, lugas, dan efektif untuk menunjukkan dukungan kepada seseorang yang Anda sayangi apalagi bagi mereka yang mengalami konflik dalam hidup mereka,” tandas Murphy.

Nah, jangan ragu untuk memberikan pelukan pada orang yang Anda kasihi ya.