3 Alternatif Pengganti Minyak Goreng yang Lebih Sehat

Suara.com – Gaya hidup sehat bisa diperoleh dengan cara mudah, yakni mengganti minyak goreng Anda. Sebabnya, minyak goreng yang dijual di pasaran tinggi kandungan lemak.

Banyaknya ragam pilihan minyak goreng yang dijual di pasaran tak jarang membuat para konsumen bingung untuk memutuskan memilih produk yang mana.

Mulai sekarang tak perlu bingung, ini 3 alternatif pengganti minyak goreng untuk memasak yang lebih sehat:

1. Minyak biji anggur

Minyak biji anggur mengandung lemak tak jenuh tunggal sebanyak 17 persen, lemak tak jenuh ganda 73 persen, dan lemak jenuh 10 persen. Ketika digunakan untuk keperluan menggoreng, minyak ini akan memproduksi senyawa aldehid yang lebih rendah daripada minyak hewani seperti mentega.

Pada dasarnya aldehid tidaklah berbahaya. Tapi aldehid berkaitan dengan penumpukan gugus karbonil di tubuh yang mengakibatkan penyakit hati, hipertensi, diabetes, dan penyakit penuaan lainnya.

2. Minyak canola

Minyak canola mengandung lemak tak jenuh tunggal sebanyak 62 persen, lemak tak jenuh ganda 31 persen, dan lemak jenuh 7 persen. Rasanya yang netral dengan titik asap tinggi membuatnya lebih cocok dijadikan pilihan untuk olahan tumis dan panggang.