Capres Brasil Terpopuler Mengaku Kagum pada Donald Trump

Liputan6.com, Brasilia – Kandidat presiden terfavorit dalam pemilu Brasil putaran kedua, Jair Bolsonaro, menyatakan bahwa dirinya kagum terhadap sosok Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. 

“Saya pengagum Presiden Trump. Ia ingin AS menjadi besar dan hebat, saya pun berpikir serupa, ingin menjadikan Brasil sebagai negara yang besar dan terhormat,” kata Bolsonaro, sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia pada Jumat (12/10/2018). 

Pernyataan itu disampaikan oleh Bolsonaro dalam konferensi pers pertama sejak meraih 46 persen suara dalam pemilu putaran pertama, yang digelar pada Minggu 7 Oktober. 

Di waktu bersamaan, Bolsonaro juga membantah tudingan bahwa ia adalah pendukung ultra kanan yang mengusung garis moderat. Ia meyakinkan pendukungnya bahwa dirinya tidak akan lepas tangan dalam memimpin Brasil menjadi negara hebat.

Sementara itu, deretan pihak yang berseberangan, menggarisbawahi berbagai pernyataan Bolsonaro di masa lampu. Banyak di antaranya dinilai sangat kontroversial, dan melukai sebagian masyarakat Brasil.

Bolsonaro adalah satu-satunya politikus saat ini yang berani mengakui tentang pemerintahan diktator militer pada 1964-1985, di mana ia berdalih hal itu semata-mata bertujuan menciptakan ketertiban nasional.

Selain itu, Bolsonaro juga dikecam karena beberapa pernyataannya yang menyudutkan wanita dan kelompok LGBT.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Simak video pilihan berikut: 

Jair Bolsonaro, kandidat sayap kanan yang unggul dalam persiapan menuju pemilihan presiden Brasil, dilaporkan tengah kritis setelah ditikam oleh saat berkampanye. Insiden itu terjadi hanya satu bulan sebelum pemilihan.