Waduh, Penyakit Gusi Bikin Tekanan Darah Tinggi Sulit Dikontrol

Suara.com – Kesehatan gigi dan mulut ternyata berpengaruh terhadap organ lain. Studi menyebut penyakit gusi bisa bikin tekanan darah tinggi sulit dikontrol.

Dr. Davide Pietropaoli dari San Salvatore Hospital, University of L’Aquila, Italy, mengatakan pengidap penyakit gusi memiliki angka tekanan darah 2 hingga 3 mmHg lebih tinggi daripada orang normal.

Dengan kata lain, jika tekanan darah normal berada di angka 120 mmHg, maka pengidap penyakit gusi memiliki rata-rata tekanan darah 123 mmHg.

“Penelitian membuktikan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, stroke, hingga obesitas,” tutur Pietropaoli, dikutip dari Reuters.

Studi dilakukan dengan menganalisis data US National Health and Nutrition Examination Survey dari tahun 2009 hingga 2014. Hasil studi menemukan sekitar 52 persen partisipan mengalami penyakit gusi seperti peradangan dan lain-lain.

Partisipan yang memiliki penyakit gusi memiliki risiko 20 persen lebih besar mengalami tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.

Peneliti menyimpulkan bahwa penanganan penyakit tekanan darah tinggi juga harus meliputi perawatan kesehatan gigi dan mulut.

“Perubahan gaya hidup sehat, termasuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, bisa membantu menurunkan tekanan darah, dan bahkan mengurangi pemakaian obat-obatan untuk penyakit tekanan darah tinggi,” tutup Pietropaoli.