Cegah Risiko Anak Prematur, Pria Sebaiknya Menikah di Usia Ini

Suara.com – Keinginan untuk berkeluarga bisa muncul di usia berapa saja bagi pria. Namun studi menyebut ada usia rekomendasi yang dianjurkan bagi pria jika ingin memiliki anak yang sehat.

Studi yang dilakukan pada lebih dari 40 juta anak dari seluruh dunia menyebut pria sebaiknya menikah sebelum usia 35 tahun jika tak ingin anak lahir prematur.

“Kita cenderung menyalahkan perempuan ketika ada masalah yang terjadi pada anak baru lahir, baik itu lahir prematur atau kelainan bawaan,” ujar Profesor Michael Eisenberg dari Stanford University School of Medicine, dikutip dari Daily Mail.

Eisenberg mengatakan dengan adanya studi ini, perempuan tak lagi jadi kambing hitam ketika anak lahir dengan kondisi yang tidak ideal. Terlebih, tren saat ini menunjukkan perempuan lebih senang bekerja dan membangun karir terlebih dahulu sebelum menikah.

“Studi ini menunjukkan bahwa memiliki anak yang sehat butuh upaya kedua orang tua. Usia pria saat menikah juga termasuk faktor yang diperhitungkan,” tambahnya.

Mengapa usia 35 tahun disebut maksimal? Eisenberg menyebut hal ini dikarenakan saat pria semakin tua, makan akan terjadi lebih banyak mutasi di DNA yang terkandung dalam sperma.

Tingginya mutasi inilah yang menyebabkan anak berisiko lahir prematur, mengalami kelainan bawaan, ataupun penyakit genetik.

“Untuk itu, penting bagi pasangan yang akan menikah untuk merencanakan keluarga dan melakukan konseling,” tutupnya.

Studi ini diterbitkan di British Medical Journal.